.

.

.

.

Kamis, 06 Mei 2010

Hakekat Matematika Dan Karakteristik Peserta Didik

Hakekat Matematika


Apakah matematika itu?. Pertanyaan ini dapat menghasilkan jawaban yang berbeda beda tergantung pada siapa yang menjawab, apa saja yang dipandang dalam matematika.

Soedjadi (2000: 1) mengemukakan bahwa ada beberapa definisi atau pengertian matematika berdasarkan sudut pandang pembuatnya, yaitu sebagai berikut:

a) Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisisr secara sistematik.

b) Matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi.

c) Matematika adalah pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.

d) Matematika adalah pengetahuan fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.

e) Matematika adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logic.

f) Matematika adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia matematika diartikan sebagai ilmu tentang bilangan –bilangan; hubungan antar bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah tentang bilangan.

Dari pengertian – pengertian diatas dapat kita lihat ada karakteristik matematika secara umum, yaitu:Memiliki objek abstrak, Matematika sebagai ilmu deduktif, Matematika sebagai ilmu terstruktur, Matematika sebagai ratu dan pelayan ilmu, Bertumpu pada kesepakatan, Memperhatikan semesta pembicaraan, Konsisten dalam sistemnya.

Jadi dapat ditarik sebuah gambaran bahwa Hakekat matematika dapat di artikan pengetahuan yang timbul karena pikiran-pikiran manusia berhubungan dengan ide dan penalaran. Yang mana Ide-ide itu merupakan sistem-sistem yang bersifat untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak, dimana masing-masing sistem bersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan masalah.

Hudoyo (1979:96) mengemukakan bahwa hakikat matematika berkenan dengan ide-ide, struktur- struktur dan hubungan-hubungannya yang diatur menurut urutan yang logis. Jadi matematika berkenaan dengan konsep-konsep yang abstrak.

Karakteristik Peserta Didik

Untuk menjalankan tugas pembelajaran di kelas, untuk itu seorang guru juga perlu memahami karakteristik peserta didiknya. Agar seorang guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang akan diterapkannya. Dengan demikian proses belajar pada peserta didik dapat maksimal.

Karakteristik peserta didik dapat diartikan merupakan keseluruhan kelakuan dan kemampuan yang ada pada peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita-cintanya.

Ada tiga hal hal yang perlu diperhatikan dalam karakteristik peserta didik yaitu:

1. Karakteristik atau keadaan yang berkenaan dengan kemampuan awal atau Prerequisite skills, seperti misalnya kemampuan intelektual, kemampuan berfikir,mengucapkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek psikomotor dan lainnya.

2. Karakteristik yang berhungan dengan latar belakang dan status sosial (socioculture)

3. Karakteristik yang berkenaan dengan perbedaan-perbedaan kepribadian seperti sikap, perasaan, minat dan lain-lain.

Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Menengah

Karakteristik yang menonjol pada anak usia sekolah menengah adalah sebagai berikut :

1. Adanya kekurangseimbangan proporsi tinggi dan berat badan..

2. Mulai timbulnya ciri-ciri sekunder.

3. Timbulnya keinginan untuk mempelajari dan menggunakan bahasa asing.

4. Kecenderungan ambivalensi antara keinginan menyendiri dengan keinginan bergaul dengan orang banyak serta antara keinginan untuk bebas dari dominasi dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orang tua.

5. Senang membandingkan kaidah-kaidah, nilai-nilai etika, atau norma dengan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan orang dewasa.

6. Mulai mempertanyakan secara skeptis mengenai eksistensi (keberadaan) dan sifat kemurahan dan keadilan Tuhan.

7. Reaksi dan ekspresi emosi masih labil.

8. Kepribadiannya sudah menunjukkan pola tetapi belum terpadu.

9. Kecenderungan minat dan pilihan karier sudah relatif lebih jelas.

Adapun Karakteristik Peserta Didik secara umum yang mempengaruhi kegiatan belajar peserta didik antara lain:

· Kondidi fisik.

· Latar belakang pengetahuan dan taraf pengetahuan.

· Gaya belajar.

· Usia.

· Tingkat kematangan.

· Ruang lingkup minat dan bakat.

· Lingkungan sosial ekonomi dan budaya.

· Faktor emosional.

· Faktor komunikasi.

· Intelegensia.

· Keselaran dan attitude.

· Prestasi belajar.

· Motivasi dan lain-lain.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

isinya sdh ckup bagus
namun menurut saya
pengertian karakteristik peserta didiknya coba ada yang menurut para ahli...
thx...
:)

Posting Komentar

Silahkan di komentari